Thursday, 14 February 2013

Strategi, Tuned In


Tuned In Strategy

Salah satu kendala dalam berbisnis adalah menemukan ide yang tepat untuk menghasilkan produk/jasa yang diinginkan pasar.  Terkadang ide-ide yang ada diatas kertas terlihat begitu menjanjikan, namun dalam pelaksanaannya tidak secerah harapan yang sudah direncanakan. Banyak produk/jasa yang coba ditawarkan ke customer justru berakhir
dengan tidak lakunya di pasaran dikarenakan tidak sesuai dengan kebutuhan customer. Oleh karena itu, Tuned In Strategy menawarkan cara-cara yang jitu untuk menghasilkan ide yang tepat untuk memenuhi kebutuhan customer sehingga ketika ide itu sudah terwujud menjadi produk/jasa dapat laku di pasaran.

Ada enam langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan ide yang cemerlang yang akan melejitkan produk/jasa di pasaran. Berikut ini enam langkah yang di tawarkan oleh Tuned In Strategy:

1.       Temukan Persoalan-persoalan yang Tak terpecahkan
Bagaimana mengetahui pasar dan produk yang customer inginkan ?
2.       Pahami Persona Pembeli
Siapa yang akan membeli produk/jasa yang dihasilkan ?
3.       Ukurlah Dampaknya
Bagaimana kita mengetahui bahwa produk/jasa yang dihasilkan punya potensi untuk menjadi pemengan ?
4.       Ciptakan Pengalaman Terobosan
Bagaimana membangun keunggulan kompetitif ?
5.       Artikulasikan Gagasan-gagasan yang Hebat
Pemantangan konsep-konsep yang mudah diingat

6.       Bangunlah Koneksi yang Autentik
Bagaimana informasi tentang produk/jasa yang dihasilkan dapat dikomunikasikan ke customer sasarang dengan tepat ?

Dengan mengikuti enam langkah diatas akan membuka peluang kita dalam berbisnis dengan produk/jasa yang benar-benar dibutuhkan oleh customer dan pada akhirnya pasar akan menyerap produk/jasa kita dengan baik sehingga menghasilkan keutungan perusahaan.

Referensi:
Stull, Craig., Myers, Phil., Scot, David Meerman., Tuned In Strategy (terj.), Serambi 2009

No comments:

Post a Comment