Thursday, 7 February 2013

Business Model, Planning


Business Model

Perencanaa bisnis yang matang sangat diperlukan sebelum memulai membuka suatu bisnis. Model bisnis/Business Model merupakan salah satu bentuk perencaan bisnis yang sangat baik. Model bisnis memberikan gambaran kepada manajemen
bagaimana bisnis itu dapat menghasilkan keutungan dimulai siapa customer yang akan dituju, bagaimana memperoleh keuntungan dari bisnis tersebut, bagaimana metode distribusi produk/jasa ke customer sampai dengan resources apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan produk/jasa tersebut.

Secara garis besar Model Bisni/Business Model terdiri dari 9 bagian pokok yaitu:


1.       Customer Segments
Sekelompok orang/organisasi yang ingin disasar oleh produk/jasa kita.
2.       Value Propositions
Nilai/manfaat apa yang diberikan produk/jasa kita sehingga bisa membantu customer ?
3.       Channels
Dengan cara apa kita dapat menyalurkan produk/jasa ke customer ?
4.       Customer Relationships
Jenis hubungan seperti apa yang kita berikan ke customer ?
5.       Revenue Streams
Untuk nilai apakah pelanggan benar2 bersedia membayar ?
6.       Key Resources
Untuk bisa mewujudkan produk/jasa kita, sumber daya apa saja yang dibutuhkan ?
7.       Key Activities
Aktifitas2 apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan produk/jasa kita ?
8.       Key Partnerships
Siapaka mitra utama, pemasok utama untuk menghasilkan produk/jasa kita ?
9.       Cost Structure
Struktur biaya yng dikeluarkan untuk produk/jasa yang kita berikan ke customer ?


Osterwalder, Alexander. , Pigneur, Yves.,  Business Model Generation (terj.) Elex media 2012
http://www.businessmodelgeneration.com

No comments:

Post a Comment