Business Model
Perencanaa bisnis yang matang sangat diperlukan
sebelum memulai membuka suatu bisnis. Model bisnis/Business Model merupakan
salah satu bentuk perencaan bisnis yang sangat baik. Model bisnis memberikan
gambaran kepada manajemen
bagaimana bisnis itu dapat menghasilkan keutungan dimulai siapa customer yang akan dituju, bagaimana memperoleh keuntungan dari bisnis tersebut, bagaimana metode distribusi produk/jasa ke customer sampai dengan resources apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan produk/jasa tersebut.
bagaimana bisnis itu dapat menghasilkan keutungan dimulai siapa customer yang akan dituju, bagaimana memperoleh keuntungan dari bisnis tersebut, bagaimana metode distribusi produk/jasa ke customer sampai dengan resources apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan produk/jasa tersebut.
1. Customer Segments
Sekelompok
orang/organisasi yang ingin disasar oleh produk/jasa kita.
2. Value Propositions
Nilai/manfaat
apa yang diberikan produk/jasa kita sehingga bisa membantu customer ?
3. Channels
Dengan cara
apa kita dapat menyalurkan produk/jasa ke customer ?
4. Customer Relationships
Jenis
hubungan seperti apa yang kita berikan ke customer ?
5. Revenue Streams
Untuk nilai
apakah pelanggan benar2 bersedia membayar ?
6. Key Resources
Untuk bisa
mewujudkan produk/jasa kita, sumber daya apa saja yang dibutuhkan ?
7. Key Activities
Aktifitas2
apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan produk/jasa kita ?
8. Key Partnerships
Siapaka
mitra utama, pemasok utama untuk menghasilkan produk/jasa kita ?
9. Cost Structure
Struktur
biaya yng dikeluarkan untuk produk/jasa yang kita berikan ke customer ?
Osterwalder, Alexander. , Pigneur, Yves., Business Model Generation (terj.) Elex media
2012
http://www.businessmodelgeneration.com
http://www.businessmodelgeneration.com
No comments:
Post a Comment