Monday, 4 February 2013

Strategi, Unit Business


STRATEGI  UNIT  BUSINESS

Pada dasarnya strategi ini terbagi menjadi tiga yaitu
  1. Kepemimpinan biaya
  2. Diferensiasi yang luas
  3. Fokus   


1. Kepemimpinan Biaya
Strategi ini mengutamakan biaya yang relatif lebih rendah dibandingkan biaya yang diterapkan pesaing.  Biaya yang lebih rendah membuat pesaing kesulitan mengatasi gemburan produk yang kita lempar dipasaran. Pesaing harus berjuang dengan biaya yang lebih tinggi untuk mengalahkan produk kita. Tentu saja, hal ini memeberikan kita daya tahan di pasaran.
Dari sudut pandang customer, biaya rendah akan memberikan perusahaan daya tawar yang kuat. Customer akan kesulitan untuk melakukan penawaran yang lebih rendah karena pesaing kita memiliki harga yang lebih tinggi.
Biaya yang rendah memberikan perlindungan terhadap pemasok yang kuat dengan menyediakan fleksibilitas yang lebih besar untuk menanggulangi kenaikan biaya input (masukan).
Pendatang baru di pasaran juga akan mengalami kesulitan bersaing karena biaya yang rendah dari produk/jasa kita akan menjadi hambatan besar untuk pendatang tersebut.
Produk pengganti pun yang akan masuk ke pasaran akan kesulitan mengingat biaya yang ditawarkan oleh perusahaan kita lebih rendah.

2.Diferensiasi yang luas
Diferensiasi terhadap produk/jasa yang kita miliki memberikan keunggulan dikarenakan keunikan produk/jasa kita dibandingkan produk/jasa pesaing yang ada di pasaran.
Beberapa hal yang menyebabkan produk/jasa kita unik yaitu:
  • ·         Citra rancangan/Merek
  • ·         Teknologi
  • ·         Pelayanan pelaggang
  • ·         Jaringan penyalur dan lain-lain
Ditinjau dari kekuatan-keuatan yang mempengaruhi industri, strategi ini memiliki keunggulan yaitu
Dari sisi persaingan, produk/jasa kita memiliki kekuatan diperoleh dari loyalitas pelanggang terhadap merek perusahaan kita sehingga pelanggang tidak terlalu memperdulikan harga produk/jasa kita.
Kesetian pelanggan terhadap produk/jasa yang kita tawarkan akan membuat hambatan besar untuk pedatang baru yang akan masuk ke pasar.
Pembeli pun tidak terlalu banyak pilihan mengingat produk/jasa yang kita tawarkan memiliki keunikan dibandingan pesaing yang lain.
Diferensiasi menghasilkan margin yang lebih tinggi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kekuatan pemasok.

3. Fokus
Strategi focus dibuat untuk melayani target/customer tertentu. Dasar pemikirannya yaitu perusahaan dapat melayani cutomer tertentu dengan lebih efektif dan efisien dibandingkan pesaing yang customer-nya terlalu luas.
Strategi ini juga memungkinkan perusahaan mencapai diferensiasi karena kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan customer tertentu dengan lebih baik atau mencapai biaya yang lebih rendah dalam melayani customer tertentu atau bahkan kedua-duanya dapat dicapai.
Walaupun dari sudut padang pasar keseluruhan strategi focus tidak mencapai diferensiasi atau biaya yang lebih rendah, Pada pasar yang lebih sempit strategi focus dapat mencapai salah satu atau bahkan kedua-duanya.

Diolah dari sumber:
Porter , Michael E., Strategi Bersaing- Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing (terj.), Erlangga
Assauri, Sofjan, Strategi Management Sustainable Competitive Advatages, FEUI


No comments:

Post a Comment