STRATEGI
UNIT BUSINESS
Pada dasarnya strategi ini terbagi menjadi tiga yaitu
- Kepemimpinan biaya
- Diferensiasi yang luas
- Fokus
Strategi ini mengutamakan biaya yang relatif lebih
rendah dibandingkan biaya yang diterapkan pesaing. Biaya yang lebih rendah membuat pesaing
kesulitan mengatasi gemburan produk yang kita lempar dipasaran. Pesaing harus
berjuang dengan biaya yang lebih tinggi untuk mengalahkan produk kita. Tentu
saja, hal ini memeberikan kita daya tahan di pasaran.
Dari sudut pandang customer, biaya rendah akan
memberikan perusahaan daya tawar yang kuat. Customer akan kesulitan untuk
melakukan penawaran yang lebih rendah karena pesaing kita memiliki harga yang
lebih tinggi.
Biaya yang rendah memberikan perlindungan terhadap
pemasok yang kuat dengan menyediakan fleksibilitas yang lebih besar untuk
menanggulangi kenaikan biaya input (masukan).
Pendatang baru di pasaran juga akan mengalami
kesulitan bersaing karena biaya yang rendah dari produk/jasa kita akan menjadi
hambatan besar untuk pendatang tersebut.
Produk pengganti pun yang akan masuk ke pasaran
akan kesulitan mengingat biaya yang ditawarkan oleh perusahaan kita lebih
rendah.
Diferensiasi terhadap produk/jasa yang kita miliki
memberikan keunggulan dikarenakan keunikan produk/jasa kita dibandingkan
produk/jasa pesaing yang ada di pasaran.
Beberapa hal yang menyebabkan produk/jasa kita unik
yaitu:
- · Citra rancangan/Merek
- · Teknologi
- · Pelayanan pelaggang
- · Jaringan penyalur dan lain-lain
Ditinjau dari kekuatan-keuatan yang mempengaruhi
industri, strategi ini memiliki keunggulan yaitu
Dari sisi persaingan, produk/jasa kita memiliki
kekuatan diperoleh dari loyalitas pelanggang terhadap merek perusahaan kita
sehingga pelanggang tidak terlalu memperdulikan harga produk/jasa kita.
Kesetian pelanggan terhadap produk/jasa yang kita
tawarkan akan membuat hambatan besar untuk pedatang baru yang akan masuk ke
pasar.
Pembeli pun tidak terlalu banyak pilihan mengingat
produk/jasa yang kita tawarkan memiliki keunikan dibandingan pesaing yang lain.
Diferensiasi menghasilkan margin yang lebih tinggi
yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kekuatan pemasok.
3. Fokus
Strategi focus dibuat untuk melayani
target/customer tertentu. Dasar pemikirannya yaitu perusahaan dapat melayani
cutomer tertentu dengan lebih efektif dan efisien dibandingkan pesaing yang
customer-nya terlalu luas.
Strategi ini juga memungkinkan perusahaan mencapai
diferensiasi karena kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan customer tertentu
dengan lebih baik atau mencapai biaya yang lebih rendah dalam melayani customer
tertentu atau bahkan kedua-duanya dapat dicapai.
Walaupun dari sudut padang pasar keseluruhan
strategi focus tidak mencapai diferensiasi atau biaya yang lebih rendah, Pada
pasar yang lebih sempit strategi focus dapat mencapai salah satu atau bahkan
kedua-duanya.
Diolah dari sumber:
Porter , Michael E., Strategi Bersaing- Teknik
Menganalisis Industri dan Pesaing (terj.),
Erlangga
Assauri, Sofjan, Strategi Management Sustainable
Competitive Advatages, FEUI
No comments:
Post a Comment