Thursday, 14 February 2013

Strategi, Blue Ocean

Blue Ocean Strategy

Untuk menjadi unggul di pasaran diperlukan strategi yang jitu untuk membedakan produk/jasa kita dengan pesaing. Blue Ocean Strategy merupakan inovasi nilai berfokus pada penciptaan lompatan nilai bagi pembeli dan perusahaan sehingga
membuka ruang pasar yang baru dan tanpa persaingan.  Inovasi nilai terjadi ketika adanya perpaduan inovasi dengan utilitas(manfaat), harga, dan posisi biaya. Dengan demikian strategi ini ditujukan untuk mendapatkan diferensiasi dan biaya rendah secara bersamaan.

Blue Ocean Strategy menawarkan kerangka kerja empat langkah yang merekonstruksi elemen-elemen nilai pembeli dalam membuat kurva nilai baru.  Adapun empat langkah tersebut adalah:

 
1     1.Hapuskan
Faktor apa saja yang harus dihapuskan dari faktor2 yang telah diterima begitu saja oleh industry ?
Dengan mengetahui faktor2 ini ditujukan untuk mempertimbangkan penghilangan faktor2 yang sudah lama menjadi ajang persaingan bagi perusahaan dalam industri terkait.
2    2.Kurangi
Faktor apa saja yang harus dikurangi hingga di bawah standar industri ?
Pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui apa saja yang selama ini dilakukan dengan berlebihan untuk melayani konsumen dalam rangka kompetesi dengan pesaing. Perlakuaan yang berlebihan ini dapat menunjukkan letak peningkatan struktur biaya.
3    3.Tingkatkan
Faktor apa saja yang harus ditingkatkan hingga di atas standar industri ?
Pertanyaan mendorong kita mengetahui kompromi-kompromi apa saja yang dipaksakan industri ke customer.
4    4.Ciptakan
Faktor apa saja yang belum pernah ditawarkan industry sehingga harus diciptakan ?
Tujuan dari pertanyaan ini adalah menemukan sumber-sumber nilai yang baru bagi customer dan mendorong penciptaan permintaan baru serta mengubah pemberian harga strategis industri.



Keempat langkah diatas harus diarahkan menuju tiga karakteristik strategi yang baik yaitu, focus, gerak menjauh/divergensi dan moto utama.  Fokus berarti perusahaan tidak mengejar ke semua factor utama kompetisi. Divergensi ditujukan agar kurva nilainya menjauh dari pemain-pemain lain. Moto utama dari strategis harus jelas dan memikat.
Kim, W.Chan., Mauborgne, Renee., Blue Ocean Strategy(terj.), Serambi 2011


No comments:

Post a Comment